Draf jadwal kompetisi Liga 1 2020 sudah dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB) sejak beberapa waktu lalu. Hasilnya, Borneo FC Samarinda akan menjalani laga away di pekan pertama mereka menghadapi Persija Jakarta, pada 1 Maret mendatang.

Ini adalah laga penting bagi Pesut Etam untuk membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu penantang tim-tim papan atas musim lalu. Dari hasil pertemuan manajer di Jakarta beberapa waktu lalu, ternyata ada beberapa informasi penting didapatkan manajemen Borneo FC Samarinda. Farid Abubakar yang mewakili tim di pertemuan manajer tersebut mengatakan, perubahan dari jadwal yang sudah dirilis adalah berubahnya jadwal Borneo FC Samarimda kontra Persipura.

"Jadwal memang sudah dirilis PT LIB. Secara umum tidak ada perubahan signifikan dari jadwal pertama saat mereka mengirim draft ke kami. Cuma di laga kedua nanti yang awalnya kita away ke Persipura, diubah menjadi kami yang terlebih dulu bertindak sebagai tuan rumah," ujar Farid.

Dikatakan Farid, sebelumnya Borneo FC Samarinda usai bertemu Persija langsung menyambangi markas Persipura di Sidoarjo. Persipura seperti musim lalu, masih tak bermain di Stadion Mandala di Jayapura. Mereka memilih bermain di Sidoarjo sebagai home laga kandang mereka. Dan laga kandang Borneo FC Samarinda menghadapi Persipura, akan dimainkan pada 7 Maret mendatang.

Dijelaskannya lagi, dari pertemuan manajer tersebut juga terungkap jika ada kemungkinan perubahan jadwal pertandingan, maka akan segera dikabarkan kepada tim peserta. Liga Indonesia selama ini seperti diketahui sudah tak asing dengan perubahan jadwal pertandingan. Adanya kegiatan bersifat nasional, menjadi salah satu hal yang kerap menunda kompetisi selesai pada waktunya.

"Dalam pertemuan manajer disebutkan masalah kemungkinan perubahan jadwal saat agenda pilkada serentak. Ketua PSSI menyatakan, Insya Allah semua akan berjalan sesuai agenda. Semisal ada perubahan, dia meminta jauh hari sudah diberitahukan oleh pihak keamanan setempat, agar bisa secepatnya dicari solusi,” ujarnya lagi.

Sementara itu dari sisi persiapan tim, Farid mengatakan Borneo FC Samarinda sudah tak ada masalah. Meski tak menjalani uji coba besar atau mengikuti turnamen pra musim seperti tim-tim lain, namun ia yakin Edson Tavares selaku pelatih kepala sudah mempersiapkan tim secara maksimal.

"Sejauh ini persiapan tim sudah sangat baik. Semua kami fasilitasi apa yang menjadi keinginan dari pelatih dan sejauh ini sudah berjalan sesuai programnya," tegasnya. (SU)