Tommy Ermanto Pasemah jelas sudah tak asing lagi di persepakbolaan Samarinda, Kaltim bahkan nasional. Namanya sangat faimiliar sebagai Ketua Umum Pusamania, kelompok suporter yang Borneo FC Samarinda. Namun dalam beberapa tahun terakhir, nama Tommy seolah tenggalam. Ia sudah tak terlihat lagi berkutat di sepak bola Samarinda.

Namun mulai musim ini Tommy kembali hadir. Ya, Tommy dipercaya menjadi ketua panitia pelaksana (panpel) laga kandang Borneo FC Samarinda di musim ini. Mantan General Manager Borneo FC Samarinda musim 2014 lalu tersebut saat dikonfirmasi mengaku, dirinya ingin kembali berdedikasi di sepak bola Samarinda, terutama di Borneo FC Samarinda dengan menjabat sebagai panpel.

“Saya sudah bicara dengan presiden klub (Nabil Husein Said Amin, Red), untuk masalah panpel ini. Akhirnya saya dipercaya dan saya siap menjadikan Borneo FC menjadi klub yang mendapat dukungan penuh suporternya di laga kandang,” ujar Tommy.

Tommy mengaku prihatin dengan minimnya jumlah dukungan suporter kepada Pesut Etam. Namun kesibukannya dalam hal pekerjaan, membuatnya tak bisa terlibat banyak dalam beberapa tahun terakhir. Pengalamannya menjadi ketua panpel di era Putra Samarinda, akan dijadikan salah satu landasan mengembalikan jumlah suporter di Stadion Segiri.

“Saya sudah berkoordinasi dengan korwil (koordinator wilayah, Red) Pusamania di Samarinda. Saya berbicara dengan mereka masalah dukungan kepada Borneo FC. Jelas sangat disayangkan kalau dukungan terus berkurang, sementara Borneo FC menjadi satu-satunya wakil Kaltim di Liga 1 sejak musim lalu,” ujarnya.

Saat ditanyakan soal keyakinannya mendatangkan suporter dalam jumlah besar, Tommy optimistis hal itu bisa dilakukan. Salah satu kuncinya adalah prestasi tim sendiri. Ia mengatakan, jika Borneo FC bermain apik di setiap pertandingan, maka dukungan akan mengalir dengan sendirinya.

“Dan agar tim bisa bermain dengan bagus, khususnya di laga kandang, maka dukungan suporter harus maksimal di setiap perjuangan tim. Saat bermain melawan Persija, saya pribadi melihat tim sudah bermain sangat baik. Dan kami tentu saja berharap penampilan lebih bagus diperlihatkan di partai kandang dan itu diawali saat bertemu Persipura,” tegasnya. (SU)