Duel sengit bakal tersaji di Stadion Segiri besok sore pukul 16.30 Wita. Borneo FC Samarinda akan menantang tamunya Persipura Jayapura. Ini adalah duel tim kontras. Sebab Borneo FC Samarinda mengawali musim kompetisi dengan kekalahan. Sementara Persipura sukses mengalahkan PSIS Semarang di Stadion Klabat, Manado, markas Mutiara Hitam – julukan Persipura – musim ini.

Tuan rumah sudah pasti mengincar kemenangan di pertandingan yang bertepatan dengan hari ulang tahun tim. Sementara Persipura ingin meneruskan tren positif mereka sementara ini. Jajaran pelatih Borneo FC Samarinda pun sudah melakukan evaluasi, setelah kekalahan atas Persija.

Kesalahan dan kelemahan pemain, dibenahi dalam latihan kemarin dan akan dimatangkan hari ini di latihan resmi sebelum bertanding. Asisten pelatih Ahmad Amiruddin mengaku bahwa evaluasi langsung dilakukan pelatih setelah tim pulang dari Jakarta.

"Fokus kami sekarang ada pada pematangan taktik melawan Persipura. Pelatih kepala (Edson Tavares) sudah melihat bagaimana Persipura bermain. Pastinya, kami sudah mengevaluasi hasil dari pertandingan melawan Persija. Ini bakal jadi modal kami menghadapi pertandingan nanti," ujar Amir.

Amir mengaku, tim pelatih sudah tahu bagaimana kekuatan Persipura. Kelebihan dan kekurangan mereka pun sudah dipelajari. Menyaksikan rekaman pertandingan melawan PSIS, menjadi salah satu modal pelatih melihat perkembangan Persipura musim ini. Secara umum, Amir melihat tak ada perubahan secara signifikan pada permainan Persipura. Mereka tetap mengandalkan individu dan kecepatan untuk merusak konsentrasi pemain belakang lawan.

"Secara tim mereka kompak karena perombakan mereka selama ini hanya di pemain asing. Itu yang jadi kelebihan Persipura di setiap musim. Tapi kami tidak mewasapdai mereka secara individual. Sebab siapa yang mendapat bola dan bergerak bebas itu yang akan diantisipasi," sebutnya.

Amir berharap pertandingan perdana di kandang berjalan sesuai dengan keinginan pelatih, pemain, manajemen dan tentu saja masyarakat Samarinda. Artinya kemenangan bisa menjadi milik Pesut Etam di laga ini. Sebab kemenangan akan menjadi modal mengembalikan mental dan semangat bertanding, menghadapi pertandingan berikutnya di kompetisi ini.

"Mudahan match pertama laga kandang berjalan sesuai rencana. Kami mohon dukungan masyarakat Samarinda dan bisa happy ending untuk memberi kado ulang tahun bagi Borneo FC di tahun ini. Dukungan dan support penonton akan menambah semangat pemain memberikan hasil terbaik di pertandingan nanti," kata Amir. (SU)