Sejak musim lalu sosok Javlon Guseynov selalu menghiasi susunan pemain Borneo FC Samarinda di setiap laga. Pemain asal Uzbekistan ini dikenal sangat tangguh saat mengawal barisan belakang Pesut Etam. Tak hanya kuat menjaga pertahanan, namun Javlon pun kerap menjadi pembeda hasil pertandingan lewat gol-golnya. Tak salah setiap ada kesempatan untuk membantu serangan, terutama dalam situasi bola mati, Javlon selalu hadir di kotak penalti lawan.

Saat bertemu Persipura, Javlon menemukan keberuntungannya. Sebab ia mencetak gol pertama Pesut Etam lewat situasi bola mati, yakni sepak pojok di babak pertama. tendangan Diogo Campos, mengarah ke tiang jauh. Javlon yang tak terkawal langsung menjatuhkan diri untuk mencocor bola ke gawang.

"Alhamdulilah gol tersebut menjadi yang pertama bagi saya di musim 2020 ini. Sekaligus kami mencatatkan clean sheet untuk pertandingan tersebut. Tapi yang terpenting dari itu adalah, kami bisa mengakhiri pertandingan dengan kemenangan," ujar Javlon kemarin.

Pemain yang dikenal ramah di luar lapangan ini mengatakan, dirinya memang berusaha membantu tim mencetak gol meski itu bukan misi utamanya setiap masuk lapangan. Ia hanya berdoa dan berusaha, bisa bermain bagus dan memberikan kemenangan kepada tim.

“Tidak ada target mencetak gol di setiap pertandingan. Tetapi kalau peluang itu ada, kenapa tidak. Bukannya sebuah permainan sepak bola harus ada gol untuk menentukan hasil akhir pertandingan,” ujarnya setengah bertanya.

Diakui Javlon, dirinya dan pemain lain di Borneo FC Samarinda tak boleh cepat puas dengan hasil pertandingan sebelumnya. Evaluasi baik secara individu maupun tim, harus terus dilakukan agar di setiap pertandingan hasilnya bisa terus bagus. Ia menyadari ada beberapa kelemahan dalam tim saat bertemu Persipura.

"Tim ini terus berkembang setiap pertandingannya. Kami dalam latihan terus memperbaiki apa yang menjadi kekurangan tim. Ini masih awal dan kami akan masih menghadapi pertandingan dengan atmosfer yang berbeda setiap pekannya. Kami harus bersiap dan selalu fokus,” sambungnya.

Ditanyakan soal dukungan suporter di pertandingan pertama, kapten kedua di Borneo FC Samarinda itu menyatakan sangat senang. Sebab jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan pertandingan musim lalu. Terlebih ini adalah partai kandang pertama.

"Tentu dukungan suporter itu sangat penting. Saya sudah berada di Samarinda memasuki tahun kedua, jadi saya pikir tahun ini dukungannya harus lebih," harap Javlon. (SU)