Pesepakbola dunia sekelas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pun pasti akan mengalami gangguan, baik itu cedera atau pula sakit ketika menghadapi "jadwal edan", begitu pula yang dialami penggawa Pusamania Borneo FC (PBFC).


Menurut Zulham, fisioterapis PBFC, jadwal yang padat ini sedikit banyak mempengaruhi fisik pemain. "Memang semua tim mendapatkan kondisi sama, jadwal yang ketat mengakibatkan banyak pemain yang ketahanan tubuhnya menurun, diantaranya ada cuma flu ringan sampai demam tinggi," ucap Zul, sapaan akrab Zulhamsyah.


Diungkapkan Zul, saat ini ada tiga pemain yang menjadi langganan di skuat utama PBFC dilanda sakit, yakni Bagus Nirwanto, Febri Setiadi Hamzah, dan Arie Priatna. "Untuk Bagus dan Febri hanya memerlukan sedikit istirahat, sedangkan Arie Priatna yang mengalami demam tinggi akan saya terus awasi bersama dokter tim," timpal Zul.


Menghadapi situasi yang demikian, kerja ekstra bagi tim medis PBFC agar pemain yang mengalami sakit ini bisa cepat sembuh dan kembali bergabung dengan tim. "Saya sudah koordinasi dengan dokter tim untuk melakukan tindakan preventif, agar kondisi fisik pemain tetap terjaga sampai akhir kompetisi," pungkasnya. (Zai)