Sudah memastikan diri melaju ke babak 8 besar Divisi Utama 2014, Pusamania Borneo FC (PBFC) masih lapar akan kemenangan. Kedatangan Persebo Bondowoso pada Sabtu (20/9) malam di Stadion Segiri Samarinda, PBFC menargetkan raihan poin penuh untuk mempertahankan status juara Grup M sekaligus melanjutkan rekor unbeaten. Di tujuh pertandingan terakhir yang dimainkan, Danilo Fernando dan kawan-kawan belum terkalahkan, termasuk empat laga di babak 16 besar.


Menjamu Persebo, pelatih kepala PBFC, Iwan Setiawan, kemungkinan besar akan melakukan sedikit rotasi. Seperti yang diberitakan sebelumnya, padatnya jadwal yang harus dihadapi Pesut Etam memaksa beberapa pemain intinya mengalami gangguan kesehatan. Tercatat ada tiga nama skuad inti PBFC yang mengalami sakit akibat kelelahan, yakni Bagus Nirwanto, Febri Setiadi Hamzah, dan Arie Priatna.


Walaupun begitu, nama-nama seperti Riskal Susanto, Fandi Ahmad, Gangga Mudana, juga Ali Al-Habsyi siap diturunkan sejak menit awal untuk menggantian posisi rekannya yang diragukan untuk tampil. Rotasi pemain rasa-rasanya memang harus dilakukan, mengingat setelah laga lawan Persebo, Pesut Etam harus melakoni perjalanan melelahkan ke Wamena di laga terahir babak 16 besar Grup M menghadapi Persiwa pada 24 September nanti.


Persebo Bondowoso yang sudah tidak ada peluang lolos ke babak selanjutnya di atas kertas memang tidak akan sulit untuk ditaklukkan PBFC. Di klasemen sementara Grup M, Laskar Gerbong Maut (julukan Persebo) berada di peringkat buncit tanpa koleksi poin. Empat laga yang mereka mainkan selalu diakhiri dengan kekalahan.


Presiden klub PBFC, Nabil Husein Said Amin, menegaskan bahwa meskipun klubnya sudah memastikan diri lolos ke 8 besar, dirinya tetap menargetkan raihan poin penuh saat lawan Persebo. "Target kita tentu 3 poin. Memang, kita sudah mendapatkan tiket ke babak 8 besar, tapi kita tetap akan habis-habisan karena ini main di kandang. Kemenangan tentu menjadi penghibur bagi masyarakat Samarinda dan tentunya Pusamania juga," ucap Nabil.


Dengan modal kemenangan pada pertemuan pertama lewat dua gol yang masing-masing diciptakan oleh Danilo dan Febri saat bertandang ke Stadion Semeru Lumajang, kandang Persebo, wajib kiranya laga besok untuk kembali dimenangkan skuad besutan Iwan Setiawan ini. Jika menang, kans besar bagi PBFC lolos ke babak 8 besar sebagai juara di Grup M, walaupun masih menyisakan satu pertandingan lagi. (Zai)