Bulan Ramadan selalu disambut gegap gempita oleh umat muslim. Beberapa persiapan pun dilakukan. Mulai dari berziarah, menyiapkan menu makanan khusus, serta menyiapkan diri untuk melakukan seluruh rangkaian ibadah yang hanya ada di bulan Ramadan.

Namun dengan adanya pandemi COVID-19. Momen puasa tahun ini tentu sedikit berbeda. Karena itulah, bek sentral Borneo FC Samarinda, Andika Kurniawan yang saat ini tengah berada di Riau tak melakukan banyak persiapan.

"Persiapan di rumah bersama keluarga tetap ada. Hanya saja tidak seperti tahun kemarin," ucap Andika, Kamis (23/4/2020).

"Biasa kan salat di masjid. Mungkin Ramadan tahun ini banyak di rumah salatnya," lanjut Andika singkat.

Terpisah, bek sentral Borneo FC Samarinda lainnya, Wildansyah. Juga tak melakukan banyak hal untuk menyambut Ramadan tahun ini. Wildan yang saat ini tengah bersama keluarganya di Bandung mengaku sudah terbiasa dengan aktivitas berpuasa.

"Untuk persiapan tidak ada yang khusus saya lakukan. Karena sudah terbiasa puasa sunah di bulan-bulan lain. Maka pas puasa di bulan Ramadan ini sudah terbiasa," tukasnya.

Meski harus melakukan banyak ibadah, baik yang wajib ataupun sunah di rumah. Tetap tak mengurangi antusiasme eks Persib Bandung itu untuk meraih banyak berkah di bulan Ramadan tahun ini.

"Perasaan saya yang pastinya sangat senang dengan hadirnya bulan penuh berkah ini. Semoga Allah sampaikan umur kita hingga akhir Ramadan," tutupnya. (ARF)