Salah satu persiapan Borneo FC Samarinda untuk kembali berkompetisi di lanjutan Liga 1 2020 adalah mengembalikan performa fisik para pemain. Bahkan, dalam dua pekan pertama latihan Borneo FC Samarinda, tim pelatih memberikan program latihan fisik untuk meningkatkan stamina pemain hingga siap bermain 90 menit di lapangan.

Tim pelatih juga terus memantau kondisi fisik pemain selama program latihan fisik ini diberikan dan secara bertahap meningkatkan program latihan agar mencapai kondisi yang diinginkan. Salah satu pemain Borneo FC Samarinda, Sultan Samma, ia mengungkapkan bahwa ia tak mempermasalahkan program latihan yang diberikan. Menurutnya, semua ini diberikan demi kebaikan pemain dan tim.

"Alhamdulillah, perkembangannya bagus. Apalagi untuk mengembalikan fisik dan stamina setelah libur panjang," kata Sultan.

Pekan awal latihan memang dilalui oleh penggawa Skuat Pesut Etam dengan amat berat. Sebab staf pelatih terus menggembleng fisik pemain. Namun, Sultan pun beranggapan bahwa hal ini tak hanya dihadapi oleh timnya saja. Sebab, adanya penghentian sementara Liga 1 2020 selama beberapa bulan terakhir ini tentu saja membuat stamina para pemain menurun akibat tak melakukan latihan berat dan bertanding secara berkala.

"Saya pikir di klub lain juga menerapkan hal yang sama. Fisik setiap pemain pasti belum ideal karena lama tidak berlatih berat," imbuhnya.

(AM)