Semakin dekatnya lanjutan Liga 1 2020 membuat Borneo FC Samarinda semakin intens meningkatkan kemampuan para pemainnya. Hal ini dianggap wajar, karena sejak kompetisi dihentikan pada Maret lalu, pemain sama sekali tak merasakan ketatnya sebuah pertandingan. Sulitnya, mayoritas tim hanya punya waktu tak lebih dari sebulan untuk mengembalikan kondisi fisik dan felling ball pemainnya.

Sejak persiapan awal dilakukan 24 Agustus lalu, rangkaian program terus dijalankan pelatih Mario Gomez. Di pekan pertama, mengembalikan kondisi fisik pemain menjadi menu utama. Dan seiring berjalannya waktu, kini Gomez lebih banyak memberikan materi latihan taktik.

Hal itu disampaikan Ahmad Amiruddin, sebagai salah satu asisten Gomez.
"Minggu ini akan kami perbanyak porsi latihan taktik dengan sedikit tambahan
porsi fisik. Saat ini komposisi tim sudah mulai lengkap dengan hadirnya Torres dan tambahan pemain muda,” ujar Amir, sapaan akrabnya.

Dijelaskannya, semakin mendekati lengkapnya komposisi tim akan semakin mempermudah Gomez meramu taktik bermain. Meski waktunya sudah tak panjang lagi, namun Amir yakin Gomez bisa membuat tim menjadi solid di kompetisi nanti.

“Jika komposisi pemain lengkap, maka pelatih akan mudah meramu taktik bermain. Dan yang lebih penting lagi, rotasi akan mudah dilakukan saat kompetisi dimulai lagi awal Oktober nanti,” kata Amir.

Seperti diketahui, dalam lanjutan kompetisi Liga 1 musim ini memang sangat padat dari sisi jadwal pertandingan. Sebab kompetisi harus selesai pada Februari. Artinya seluruh tim wajib menyelesaikan 31 pertandingan dalam retang waktu tersebut.

“Itulah mengapa kami perlu pemain yang benar-benar siap dimainkan. Sebab rotasi jadi salah satu strategi di kompetisi nanti,” sambungnya.

Amir menegaskan, kehadiran pemain asing menjadi yang paling dinanti. Saat ini manajemen tinggal menunggu hadinya Nuriddin Davronov untuk melengkapi skuad yang ada.

“Kalau pemain asing sudah komplet, kami optimistis persiapan akan lebih maksimal jelang pertandinga menghadapi Persita Tangerang taggal 3 Oktober mendatang,” tegas Amir. (SU)