Kurang dari dua minggu lagi, Liga 1 2020 akan kembali bergulir. Tetapi, karena kompetisi akan berjalan di tengah pandemi Covid-19 yang masih merebak di Indonesia, membuat PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga membuat beberapa peraturan baru, termasuk mengenai regulasi protokol kesehatan.

Hal ini pun wajib dilaksanakan oleh setiap tim, termasuk Borneo FC Samarinda. Sejak tim mulai berlatih kembali pada 24 Agustus lalu hingga saat ini, para pemain dan official selalu menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisir adanya penyebaran virus Covid-19 di dalam tim. Salah satu gelandang Skuad Pesut Etam, Sultan Samma, mengungkapkan bagaimana protokol tersebut dijalankannya.

“Kalau soal protokol kesehatan, kami terus menjalankannya. Sebelum latihan kami memakai masker dan kami selalu menggunakan hand sanitizer sebelum latihan. Dan yang terpenting adalah, kami sudah menjalani swab test dan hasilnya negatif,” ujar Sultan.

Sultan sendiri menjadi salah satu pemain yang langsung pulang ke rumah setelah latihan. Namun ia mengatakan tak ada larangan dari pelatih dan manajemen untuk tidak keluar rumah. Sebagai pemain profesional, Sultan menegaskan menjaga kesehatan sendiri sudah menjadi tugas pemain.

“Pelatih bukan polisi yang melarang pemain untuk keluar rumah. Tinggal kesadaran masing-masing saja untuk menjaganya. Sebab kalau kita tertular, maka itu akan menulari pemain lain dalam tim dan keluarga sendiri,” kata Sultan mengakhiri.


(SU)