Pasca diliburkannya tim Borneo FC Samarinda pada bulan Oktober lalu, pemain mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kondisi fisik mereka agar tidak ngedrop jika sewaktu-waktu tim berkumpul kembali. Hal ini yang sekarang dilakoni oleh Andika Kurniawan di kampung halamannya, Jambi.

"Ya kegiatan selama ini berlatih secara mandiri aja di rumah, kadang bermain di lapangan bareng temen tapi kadang juga ke tempat gym. Harus jaga kondisi sih, biar nanti sewaktu-waktu tim berkumpul, kondisi tidak terlalu drop," ucap Andika.

Andika juga tidak sembarang melakukan latihan, pasalnya sebelum tim diliburkan, pemain mendapat program latihan yang harus dijalankan setiap minggu. "Sebelum tim diliburkan, kita juga mendapat program latihan dari pelatih," lanjutnya.

Selain itu, untuk mengurangi kebosanan selama di rumah, pemilik nomer punggung 13 ini mencoba untuk membudidayakan ikan cupang. Ikan yang identik dengan ekornya yang berwarna-warni ini cukup populer dimasa pandemi seperti sekarang.

"Ada kesibukan lain biar tidak terlalu bosan dirumah, mencoba budidaya ikan cupang. Lumayan bisa refresing ngeliatnya," pungkasnya. (BS)