Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 sudah dipastikan batal dengan keluarnya SK dari PSSI terkait penghentian kompetisi. Di satu sisi, pembatalan ini merugikan klub-klub peserta kompetisi. Namun di sisi lainnya, batalnya kompetisi membuat klub-klub yang berlaga bisa fokus untuk menatap musim baru di 2021 ini setelah 10 bulan menanti kelanjutan kompetisi musim lalu tanpa kepastian.

Penghentian kompetisi ini pun tak luput dikomentari oleh para penggawa Skuat Pesut Etam. Sebagai seorang pemain, Andika Kurniawan menyetujui langkah yang diambil oleh PSSI ini. Menurutnya, saat ini yang terpenting adalah melupakan musim lalu dan fokus untuk mempersiapkan musim yang baru.

"Tanggapan saya PSSI menghentikan kompetisi 2020 ini sangat bagus, agar kita bisa fokus mempersiapkan kompetisi 2021. Harapan saya untuk musim ini semoga kompetisi segera dimulai," ucap Andika.

Hal senada pun disampaikan oleh Sultan Samma. Ia menambahkan jika sebaiknya kompetisi bisa segera terlaksana agar klub dan para pemain bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala. Jika kembali diulur-ulur, Sultan merasa hal ini akan berimbas buruk pada para pemain terutama pemain muda.

"Saya lebih baik karena sudah tidak cukup waktu untuk melanjutkan liga di tahun 2020 kemarin. Sebaiknya disegerakan saja liga yang baru karena sudah terlalu lama Indonesia kita tanpa liga. Jika tak segera, akan banyak kerugian bagi pemain dan imbas ke pemain-pemain muda yang siap berlaga di ajang-ajang mereka," jelas Sultan. (AM)