Wacana digelarnya kompetisi pra musim bertajuk Piala Menpora, membuat klub-klub LIga 1 sebagai kontestan mulai bergegas mempersiapkam tim. Beberapa tim bahkan sudah melakukan kontrak dengan pemain. Pasalnya pemain yang akan diturunkan di Piala Menpora, akan menjadi pemain untuk kompetisi Liga 1 mendatang.

Dan Borneo FC menjadi salah satu tim yang kini tengah berbenah menyambut ptra musim dan kompetisi. Pemain yang dianggap tak sesuai dengan keinginan pelatih, langsung diakhiri kontraknya. Sampai saat ini tercatat ada 7 pemain lokal dan 2 pemain asing yang dipastikan tak lagi berkostum Borneo FC musim ini.

Melepas pemain, berarti mencari peggantinya. Itulah yang kini tengah dilakukan Pesut Etam. Tercatat sudah ada dua pemain dikontrak, yakni Hendro Siswanto dan kiper Angga Saputra.

“Kedua pemain itu (Hendro dan Angga) sudah pasti bukan rekrutan kami terakhir. Kami masih membutuhkan beberapa pemain lagi untuk pra musim dan kompetisi Liga 1,” ujar Nabil Husein Said Amin, presiden klub.

Nabil mengaku, setidaknya ada empat atau lima pemain lokal yang masih didekati untuk bergabung. Saat ini pemain incaran tersebut sudah terlibat dalam pembicaraan serius.

“Sementara masih kami rahasiakan nama-namanya. Mereka memang sudah habis masa kontraknya dengan klub lama mereka,” ujar Nabil.

Menurut Nabil, pemain pengganti yang akan bergabung sudah pasti atas rekomendasi pelatih kepala. Sebab semua keputusan soal teknis di lapangan, diberikan sepenuhnya kepada Mario Gomez selaku pelatih.

“Untuk pemain yang akan direkrut, sama dengan yang dilepas. Artinya semua atas keinginan pelatih. Sebab pelatih yang akan menentukan taktik bermain, jadi sudah pasti dia tahu pemain dengan kualitas bagaimana yang dibutuhkan,” terangnya lagi.

Nabil mengatakan, dalam satu atau dua hari ke depan sudah ada kepastian nama-nama pemain baru tersebut. "Tapi mungkin bertahap, tidak langsung semua kami pastikan bergabung dengan Borneo FC,” pungkasnya. (SU)