Hari yang dinanti para pemain sepak bola di Liga Indonesia semakin dekat. Ya, gelaran Piala Menpora seolah menjadi moment yang paling dinanti insan sepak bola negeri ini, terutama para pemain. Sebab sudah lebih dari setahun sejak kompetisi musim 2020 dihentikan, mereka tak lagi bermain. Dan akhir pekan nanti, tepatnya pada 21 Maret kompetisi pra musim sudah dimulai.

Para pemain pun sudah bersiap dan tak sabar untuk berlaga di ajang tersebut. Sultan Samma, salah satu pilar utama Borneo FC ini mengaku, dirinya sudah sangat lama menantikan atmosfer pertandingan.

“Seminggu lagi pertandingan Piala Menpora akan dilaksanakan. Ini jadi yang pertama setelah setahun lebih kami tak bermain. Itu (Piala Menpora) adalah hal yang paling ditunggu-tunggu pemain saat ini,” ujar pemain PON Kaltim pada 2008 lalu tersebut.

Bermain dalam situasi pandemi sudah pasti akan berbeda dengan sebelumnya. Selain harus menjalani protokol kesehatan secara ketat, pemain juga akan menjalani laga tanpa disaksikan penonton. Ini jelas menjadi sesuatu yang baru bagi pemain. Namun kata Sultan, seperti apapun situasi di stadion
akan dinikmati pemain.

"Yang pasti secara atmosfer berbeda karena tidak ada penonton di dalam stadion. Tapi inilah hal yang dijalani dan kami harus beradaptasi dengan suasana seperti itu. Yang penting sekarang adalah, sepak bola harus berjalan dan pastinya mengikuti aturan dari pemerintah. Protokol kesehatan harus dijalankan seluruh pemain dengan baik. Suporter dan penonton pun harus ikut aturan, yakni tak boleh hadir di stadion dan hanya menyaksikan pertandingan dari rumah saja ,” terangnya.

Terlepas dari semakin dekatnya Piala Menpora, Sultan mengaku saat ini Borneo FC sudah bisa dikatakan maksimal melakukan persiapan. Meski waktunya panjang, namun ia yakin rekan-rekannya sudah siap berlaga.

"Secara persiapan saya pikir sudah oke. Tidak ada kendala dalam 3 minggu terakhir kami latihan. Seminggu terakhir ini semoga bisa kami masimalkan untuk pertandingan pertama di Piala Menpora nanti," ujarnya.

Seperti diketahui, di gelaran Piala Menpora Borneo FC tergabung dalam Grup B. Grup ini disebut-sebut sebagai grup terberat karena dihuni tim-tim besar, yaitu PSM Makassar, Bhayangkara FC, Persija Jakarta serta Borneo FC. (SU)