Sesosok pria dengan setelan training panjang berwarna hitam, kaos kuning berlogo garuda, dan mengenakan masker hitam. Tampak di tepi lapangan Stadion Gajayana Malang pagi ini. Ia datang bersama rombongan kecil. Melihat sekilas proses latihan Borneo FC Samarinda. Lalu tampak berbincang serius tapi santai dengan jajaran manajemen Pesut Etam.

Pria itu adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali. Hari ini ia sengaja menyambangi Kota Malang untuk melihat secara langsung seluruh tim Grup B Piala Menpora. Dengan tujuan utamanya adalah menengok penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang dijalani oleh seluruh pemain dan ofisial masing-masing tim.

"Iya hari ini tadi Bapak Menpora mengunjungi sesi latihan kita di Stadion Gajayana. Banyak yang kita bicarakan juga termasuk masalah yang penting yaitu protokol kesehatan dan juga vaksinasi yang sudah diberikan," ujar manajer klub, Farid Abubakar.

Borneo FC Samarinda sangat mengapresiasi kedatangan Menpora dan rombongan hari ini. Karena di turnamen pra musim kali ini. Stakeholder sepak bola Indonesia sedang diuji menjalani serangkaian agenda turnamen. Dengan begitu banyak penyesuaian yang berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan.

Secara prinsip, baik Borneo FC Samarinda, seluruh klub sepak bola profesional Indonesia, ataupun pemerintah dalam hal ini Kemenpora. Sangat menjaga komitmen untuk sama-sama berjuang. Menciptakan suasana turnamen yang aman dari paparan virus corona. Sehingga usai Lebaran Idulfitri nanti. Liga Indonesia bisa kembali digulirkan.

"Dikesempatan tadi juga, mewakilin tim. Saya juga mengucapkan rasa terima kasih sudah menjamin digelarnya Piala Menpora. Sebuah pelepas dahaga setelah setahun tidak ada pertandingan. Kita berharap juga ini awal baik sebelum untuk memastikan gelaran Liga 1 musim ini," tuntas Farid Abubakar. (ARF)