Rentetan kekalahan mewarnai dua laga away Pusamania Borneo FC (PBFC) di babak 8 besar. Kalah 3-2 di Martapura, menyusul kemudian kalah 2-1 di Cilacap membuat langkah PBFC untuk melaju ke semifinal ditentukan di laga terakhir saat menjamu Persis Solo 26 Oktober nanti di Stadion Segiri.


Untuk sementara PBFC menempati posisi 2 Grup P dengan poin 7. Poin yang sama juga dimiliki PSCS di peringkat 3. Di laga terakhirnya nanti, PSCS akan memainkan laga away ke kandang Martapura FC yang menjadi pemuncak klasemen sementara dengan raihan poin 8. Ketiga tim ini sama-sama berpeluang lolos ke semifinal.


Untuk hitung-hitungan, PBFC lolos ke semifinal jika menang atas Persis Solo berapa pun skornya. Walaupun nantinya PSCS bisa menang lawan Martapura FC, di akhir klasemen poin PBFC dan PSCS sama, namun PBFC unggul dalam head to head. Hal ini juga berlaku andai PBFC hanya bermain seri lawan Persis dan Martapura FC juga ditahan imbang PSCS.


Bagaimana jika PBFC kalah lawan Persis Solo? Maka laga di Stadion Demang Lehman, Martapura FC harus menang agar poin PBFC tak ingin disalip PSCS.


Persentase lolosnya PBFC ke semifinal memang masih besar karena keuntungan bermain kandang di laga terakhir. Kemenangan wajib diraih Pesut Etam atas Laskar Sambernyawa yang langkahnya sudah terhenti untuk lolos ke empat besar. Dengan kemenangan, tiket ke semifinal akan diraih tanpa melihat hasil di pertandingan lain. (Zai)