Jika pada laga pamungkas di babak penyisihan dan babak 16 besar Pusamania Borneo FC (PBFC) dapat bermain enjoy karena sudah memastikan diri lolos ke next step, namun di laga pamungkas pada babak 8 besar ini berbeda. PBFC harus berjuang untuk memenangkan pertandingan agar bisa lolos ke semifinal.


Pertemuan PBFC vs Persis Solo yang dimainkan Minggu (26/10) sore di Stadion Segiri Samarinda akan menjadi penentuan, tidak hanya bagi Pesut Etam, namun juga berlaku untuk tim tamu. Pasalnya kedua tim masih berkesempatan lolos ke semifinal.


Meski peluangnya kecil, namun pelatih Persis, Widyantoro menginstruksikan agar anak asuhnya bermain total di laga nanti. "Peluang ke semifinal memang sangat tipis, tapi kami tetap akan berjuang. Saya tekankan kepada anak-anak, setipis apapun peluang tetap harus berjuang meski kami tandang ke Borneo," ucapnya.


Selain itu, Widyantoro juga berharap di pertandingan lain Martapura bisa mengalahkan PSCS. "Sesulit apapun kami masih optimistis, karena jika menang dan Martapura juga menang kami pasti lolos semifinal. Jadi kami masih memiliki kesempatan," tambah Widyantoro.


Datang ke Samarinda membawa 18 pemain, Laskar Sambernyawa harus berjuang ekstra karena beberapa pilarnya harus absen. Hendri Aprilianto, Bayu Nugroho, dan Andrid Wibawa absen karena akumulasi kartu. Sedangkan Rahmat Sabani, Liswanto, Yanuar Ruspuspito masih berkutat dengan cedera.


Di kubu tuan rumah, pasca kekalahan di dua laga sebelumnya yang menghambat jalan ke semifinal membuat tim ini semakin termotivasi untuk memenangkan pertandingan. Ditambah lagi ini partai penentu untuk lolos ke Big Four.


Bermain di kandang sendiri dengan rekor unbeaten, support penuh dari Pusamania, banyaknya pemain tim lawan yang absen, serta berkaca dari pertemuan pertama dimana PBFC dapat menahan imbang Persis di Manahan, diprediksi Danilo Fernando dan kawan-kawan akan bisa mengatasi Laskar Sambernyawa.


"Kans kita sangat besar apalagi kita main kandang. Dengan kekuatan yang ada serta dukungan supporter akan menambah energi kami untuk memastikan ke semifinal," ucap H. Nabil Husein Said Amin, owner PBFC.


Nabil juga menambahkan, bahwa lolos ke semifinal lebih penting daripada memikirkan status juara grup. "Mungkin untuk jadi juara grup agak berat, karena Martapura bermain di kandang dan sementara kita terpaut 1 poin. Tapi kita syukuri saja, yang penting bisa lolos," pungkasnya. (Zai)