Ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim ke-v/2014 di Samarinda dimanfaatkan Pusamania Borneo FC (PBFC) untuk memantau bakat pemain lokal di benua etam.


Untuk itu, manajemen PT Nahusam Pratama Indonesia selaku badan hukum PBFC menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan pencari bakat (talent scout) yang akan melihat seluruh pertandingan pada ajang ini.


"Ini ajang bagus untuk mencari bibit potensial pesepakbola Kaltim. Saya sudah intruksikan manajemen untuk menyiapkan talent scout melihat pemain-pemain yang layak untuk di orbitkan bersama PBFC," ujar H. Nabil Husein Said Amin, Presiden Klub PBFC.


Ditambahkannya, komitmen memakai pemain lokal Kaltim di skuad Pesut Etam memang sudah menjadi kewajiban. "Apalagi tujuan membentuk klub ini selain mengejar prestasi, kami ingin disinilah wadah untuk pemain lokal Kaltim berkembang," tambahnya.


Selain akan menjaring beberapa pemain daerah di Porprov ke-V tahun ini, PBFC juga tengah serius mengembangkan pembinaan usia muda di internal mereka, salahsatunya melalui PBFC Academy.


Bahkan, jika tidak ada halangan kedepannya PBFC akan memiliki training ground (tempat pemusatan latihan) sendiri yang berafliasi dengan klub-klub ternama Asia dan Eropa. "Itu program jangka panjangnya, semoga cepat teralisasi, mohon doa dan dukungannya," pungkas Nabil. (Kibo)