Pusamania Borneo FC (PBFC) sukses melaju ke Final Divisi Utama Liga Indonesia 2014. Kepastian ini setelah mengalahkan PSGC Ciamis lewat drama adu penalti dengan skor 3-1 dalam laga semifinal di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (24/11) petang.


Di waktu normal 2x45 menit kedua tim bermain imbang 0-0. Dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit kedua tim masih saja tak bisa mencetak gol.


Pesut Etam sebetulnya punya peluang untuk menang sebelum babak penalti digelar. Itu setelah salah satu pemain PSGC, Morris Power mendapat kartu merah pada menit ke-95. Keuntungan jumlah pemain tak bisa dimaksimalkan, gol pun tak tercipta.


Dari kubu Laskar Galuh, penendang pertama, Abdul Rasid, penendang Ketiga, Wahyu dan penendang keempat Dedeyan, gagal menyarangkan bola ke gawang PBFC. Satu-satunya penendang PSGC yang bisa merobek jala kiper Juni adalah Budiawan (penendang kedua).


Sementara eksekutor Pesut Etam hanya gagal sekali yakni melalui kaki Fandi Ahmad (penendang ketiga), penendang lainnya Danilo Fernando, Fernando Soler dan Febri Setiadi sukses menjebol gawang kiper Irpan.


Dengan demikian, PBFC akan menantang Persiwa Wamena yang pada semifinal secara mengejutkan menang 1-0 atas Martapura FC. Kemenangan yang diraih Danilo Fernando dan kawan-kawan memastikan satu tempat bagi Pesut Etam tampil di Indonesia Super League (ISL) musim 2015. (liga)