Berstatus juara Divisi Utama Liga Indonesia 2014 dan promosi ke ISL musim mendatang, mmebuat Pusamania Borneo FC (PBFC) tak main-main menuju Indonesia Super League (ISL) 2015. Klub kebanggaan masyarakat Samarinda inipun tak ingin sekedar numpang lewat.


Memaksimalkan rekrutan baru dengan pemain berkualitas bintang, staf kepelatihan PBFC juga diisi sosok-sosok berpengalaman bahkan tergolong mewah.


Seperti diketahui, PBFC telah mendatangkan Arcan Iurie yang memiliki lisensi UEFA Pro sebagai pelatih kepala serta mengangkat topskor mereka musim lalu, Fernando Soler (memiliki lisensi kepelatihan A CONMEBOL) sebagai asisten pelatih. Hal itu rupanya tak membuat manajemen PBFC puas. Mereka kembali menambah satu lagi staf kepelatihan.


Ya, Marwal Iskandar, salah satu mantan pesepak bola Indonesia yang memiliki pengalaman bagus sebagai pelatih dikontrak. Pria asal Palopo ini akan menjadi asisten Arcan Iurie bersama Fernando Soler. Marwal saat bermain merupakan gelandang enerjik dengan pengalaman selangit.


Ia nyaris pernah bermain di semua klub besar negeri ini mulai Persija, Persipura, Persib, PSMS, Persebaya, dan PSM Makassar. Selain pernah membawa Persipura juara pada Divisi Utama Liga Indonesia 2005, Marwal juga sering sekali dipanggil tim nasional Indonesia.


Lisensi kepelatihan Marwal juga tinggi, bukan lisensi nasional yang dia pegang melainkan Lisensi B AFC. Sebelum bergabung dengan PBFC, Marwal menangani sebuah pembinaan sepak bola usia dini, Frenz United di Malaysia. Disana dia melatih anak-anak campuran Indonesia-Malaysia yang menjalani pemusatan latihan di kawasan Janda Baik, Pahang, sekitar 30 km dari ibukota Kuala Lumpur.


Selain bakal bekerja di tim senior bersama Arcan Iurie dan Fernando Soler, Marwal Iskandar juga diproyeksi membantu pengembangan pembinaan usia dini di PBFC Academy. Terbaru, dia juga diperbantukan di skuad PBFC U-21 yang akan berlaga di ISL U-21 musim depan. "Insyaallah ilmu yang dimiliki dia (Marwal Iskandar) bisa berguna untuk tim," urai H. Nabil Husein Said Amin, Presiden Klub PBFC. (Kibo)