Dalam latihan Kamis (25/12) pagi di Lapangan Mahakam, milik Total Indonesie Senipah, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, tidak terlihat beberapa pemain seperti Okto Maniani, Viktor Pae, Tommy Oropka, Elad Njobi, Diego Gama dan juga asisten pelatih Fernando Soler.


Ketidakhadiran mereka dalam latihan sudah diketahui manajemen tim, mereka sengaja diberikan jatah libur dua hari untuk merayakan hari natal. Sedangkan dua nama lagi, Srdjan Lopicic dan Martin Kovachev yang beragama nasrani memilih tetap berlatih bersama tim.


"Kami berikan mereka libur untuk beribadah dan merayakan natal, kebetulan asisten pelatih Fernando Soler juga merayakan, mereka akan bergabung lagi bersama tim saat tim tiba di Balikpapan, paling telat mereka Jumat pagi sudah harus bersama tim untuk melakukan persiapan," ujar Manager PBFC, Dandri Dauri.


Para pemain yang beragama Nasrani pada Rabu (24/12/2014) malam melakukan misa natal di Balikpapan. "Saya, Okto, Tommy dan coach (Soler-red) juga Diego Gama malam kemarin pergi ke Balikpapan dari Hotel (Senipah – Samboja-red). Kami lakukan misa natal di gereja bersama. Manajemen disini bagus, mereka sangat menjunjung toleransi," kata pemain belakang PBFC, Viktor Pae.


Sementara itu, Assisten Pelatih PBFC, Fernando Soler juga merasa senang bisa merayakan Natal bersama keluarganya yang kini menetap di Samarinda. Bahkan keluarganya rela datang jauh dari Samarinda ke Balikpapan agar dapat merayakan natal bersama.


"Keluarga saya di Samarinda, istri dan anak pergi ke Balikpapan, saya merayakan natal bersama mereka disini (Balikpapan-red) dengan kumpulan orang-orang latin di Kaltim," kata Fernando Soler. (**)