Pertandingan ujicoba antara Pusamania Borneo Football Club (PBFC) melawan Persiba Balikpapan urung terlaksana. Ironisnya, kepastian ini didapat manajemen PBFC pada Kamis (25/12) malam, atau beberapa jam setelah kedatangan skuad Pesut Etam di kota minyak.


Seperti diketahui, skuad Pesut Etam tiba di Hotel Bintang, Balikpapan, Kamis (25/12) sore. Alasan membatalkan tawaran ujicoba dikarenakan tim berjuluk Beruang Madu itu belum siap. Mepetnya persiapan antara laga ujicoba dengan keikutsertaan Persiba di Piala Walikota Padang menjadi alasan utama. Aneh memang, mengingat tawaran pertandingan persahabatan ini muncul dari pihak Persiba. Namun, justru mereka sendiri yang membatalkannya.


Selain mengeluarkan biaya lebih untuk perjalanan dan penginapan, jajaran pelatih PBFC juga harus memutar otak untuk penyesuaian program kedepan. Apalagi, permintaan PBFC untuk meminjam Stadion Persiba untuk berlatih sebagai ganti batalnya laga ujicoba, tidak mendapat ijin pengurus Persiba.


Manajer PBFC, Dandri Dauri, mengaku pihaknya terpaksa kembali mengeluarkan biaya tambahan menyewa lapangan alternatif, yaitu Stadion Sudirman.


Perlu diketahui, saat Persiba berkunjung ke Samarinda untuk berujicoba pada persiapan PBFC jelang ikut Divisi Utama musim lalu, seluruh biaya kedatangan Beruang Madu ditanggung PBFC. Skor saat itu berakhir 2-2. Bahkan Persiba mendapatkan jatah ujicoba lapangan sehari sebelum bertanding.


Presiden klub Pusamania Borneo FC, H. Nabil Husien Said Amin pun lantas kecewa terhadap sikap Persiba Balikpapan. Dirinya merasa dipermainkan. "Pasukan Pesut Etam sudah mempersiapkan semuanya sebelum ke kota Balikpapan dan sudah terlanjur membayar uang penginapan dan lain-lain sampai hari senin," tulis H. Nabil Husein Said Amin, Presiden PBFC di akun twitternya.


Diketahui, tawaran ujicoba tersebut muncul dari pihak Persiba. Setelah menggelar rapat internal terkait ajakan itu, akhirnya manajemen PBFC memutuskan mengambil tawaran itu dan menggeser lokasi Training Center (TC) dari Samboja ke Balikpapan hanya untuk mempersiapkan tim agar lebih mudah menjalani laga ujicoba. (**)