Ada cara bagi skuad Pusamania Borneo FC (PBFC), membuat timnya semakin lebih akrab. Minggu (28/12) malam kemarin, skuad PBFC menggelar pesta barbeque. Seluruh pemain hadir, begitu juga dengan ofisial dan pengurus tim.


Membawa perlengkapan barbeque dari Samarinda, asisten pelatih Fernando Soler didapuk menjadi koki. Dengan terampil pria Argentina itu memasak daging dan sosis yang sudah mereka persiapkan. "Orang latin memang terkenal suka barbeque, mereka jago memasak," puji gelandang PBFC, Srdjan Lopicic.


Sementara itu, Owner PBFC, yang mempunyai nama lengkap Nabil Husein Said Amin beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa dirinya memang mempunyai cara tersendiri supaya mempererat kekompakan tim.


Di luar jadwal latihan, para pemain diajak melakukan aktivitas bersama seperti memancing ataupun pesta barbeque seperti yang dilakukannya sekarang ini.


Menurutnya pendekatan semacam itu sangat penting guna menyatukan pemain asing, senior dan lokal. Dengan begitu komunikasi maupun kekompakan antar pemain juga terus meningkat dan diharapkan berbuah positif saat mereka turun di lapangan.


"Ini sengaja kami lakukan, karena saya ingin tim ini juga lebih dari sebuah tim, tapi di sini kami ciptakan keluarga, bermain dengan hati untuk meraih prestasi," ujar pemuda berusia 20 tahun itu.


Semua pemain mengucapkan terimakasih atas masakan luar biasa lezat dari Fernando Soler. Tempat barbeque dipindah ke Restoran Tiptop, beberapa sponsor perorangan koleganya Nabil juga hadir di tengah-tengah pemain, seperti H Salim dan keluarga, ikut diperkenalkan.


"Ini saya pekenalkan Bapak Salim, pengusaha asal Kaltim. Beliau juga akan menjadi partner sponsor tim kita, beliau kolega owner kita bos Nabil," ujar Manajer PBFC, Dandri Dauri.


Sebelumnya, Nabil juga menciptakan suasana akrab antar pemain dengan bermain Banana Boat di pantai Kemala. Banana Boats yang terparkir untuk disewakan kepada pengunjung pantai, menjadi sasaran berekreasi. Okto Maniani, Marwal Iskandar dan sang Presiden, Nabil Husein Said Amin menaiki boat itu.


Ditemani seorang warga yang dipilih ikut diantara pemain, pelatih dan owner, suasana tampak riang jelas terlihat. "Iya seru-seruan, biar semua gak tegang," kata Presiden Klub termuda itu.


Sempat 5 menit berputar-putar, akhirnya Banana Boat yang ditumpangi terpental. Tawa riang tampak terlihat ketika boat berukuran panjang 5x1 meter itu terpental.


"Itu bosnya juga membaur dengan pemainnya ya, pantas akrab sekali tim ini. Latihan macam masuk tentara aja mereka tetap senyum," kicau salahsatu warga Balikpapan yang sedang bertamasya di Pantai Kemala.
(**)