Pusamania Borneo Football Club (PBFC) Usia-21 akan kembali menggelar seleksi pemain. Penyaringan pesepakbola muda tersebut rencananya berlangsung di lapangan Sempaja, Kota Samarinda, pada Rabu (7/1) pukul 07.00 WITA.


Hal itu disampaikan oleh pelatih kepala PBFC U-21, Suwandi, saat dijumpai usai menghadiri rapat dengan manajemen PBFC terkait persiapan tim, di Kantor PT Nahusam, Stadion Segiri, Kota Samarinda, pada Jumat (2/1).


Mantan Pelatih sepak bola Porprov Samarinda itu menjelaskan, dari rangkaian seleksi yang telah berlangsung sejak Desember 2014 lalu, saat ini telah tersaring 50 nama pemain pilihan. Nantinya melalui seleksi pekan depan, manajemen akan merampingkan lagi menjadi 30 pemain.


"Peserta awal ada sebanyak 115 pemain, saat ini tersisa 50. Rencana pada ajang seleksi besok, kami dapat menyisakan 30 pemain termasuk 5 kiper untuk memerkuat PBFC U-21," ujar pria berambut panjang itu.


Setelah mendapatkan 30 nama pemain, selanjutnya tim Pesut Etam muda itu akan memulai latihan perdana. Mereka dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi Indonesia Super League (ISL) Usia 21, yang rencanya akan berlangsung pada Maret 2015.


Dari 30 nama pemain yang nantinya mengikuti latihan, Suwandi mengaku akan tetap melalukan seleksi pemain sampai batas waktu pendaftaran ke PT Liga ditutup. Saat ini regulasi terkait kompetisi ISL 2015 U-21 belum turun.


"Saat ini kami menyiapkan tim yang akan didaftarkan kalau biasanya didaftar ke kompetisi 25 pemain. Sambil menunggu regulasi itu, tahap seleksi terus berjalan, komposisi pemain akan kami matangkan dulu sebelum pendaftaran dibuka," ujar pria yang akrab disapa Wandi.


Selama masa latihan, dia juga akan melakukan tambal sulam pemain, bahkan pemain dari luar Samarinda kemungkinan juga akan dipanggil untuk memperkuat PBFC U-21 jika hal itu dirasa perlu. "Prioritaskan putra daerah Samarinda, nanti masalah pengurus mau ngambil pemain dari luar sambil berjalan program latihan," katanya. (**)