Pusamania Borneo Football Club (PBFC) menjalani pertandingan ujicoba melawan Batavia FC Tanggerang, Senin (12/1) sore. Laga yang berlangsung di lapangan Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta tersebut berakhir dengan kedudukan 4-1 untuk kemenangan tim PBFC.


Gol masing-masing diciptakan oleh Diego Gama menit ke-10 dan 13, sundulan Lopicic menit ke-20, serta pemain anyar Zulvin pada menit ke-25. Sementara tim tamu hanya mampu memperkecil kedudukan melalui tendangan keras Ramadan dipenghujung pertandingan babak kedua.


Tampil melawan tim yang levelnya berada di bawah, skuad berjuluk Pesut Etam tampil percaya diri. Babak pertama PBFC menurunkan skuad terbaikny seperti Srdjan Lopicic, Diego Gama, Okto Maniani, Martin Kovachev, Hasilnya, hujan gol terjadi di paruh pertama.


Memasuki babak kedua, pelatih Arcan Iurie melakukan rotasi pemain secara keseluruhan beberapa pemain handalnya ditarik keluar digantikan pemain seleksi, seperti Saktiawan Sinaga, Steven, Faiz, dan Mubarak. Namun justru tim lawan yang lebih mendominasi permainan. Diujung babak pertandingan Batavia FC berhasil memperkecil kedudukan menjadi 4-1 melalui kaki R Saputra.


Seusai laga, assisten Pelatih PBFC, Fernando Soler, merasa puas dengan hasil yang telah dicapai. Pada babak pertama koordinasi antarpemain melalui umpan-umpan pendek yang selama ini menjadi menu TC sukses diterapkan.


Hanya saja pada babak kedua hal itu jauh menurut. Tim PBFC lebih banyak kehilangan bola. Menurutnya problem itu tak terlepas karena masuknya para pemain pemalar yang belum memiliki chemestry dengan pemain lainnya.


Soler yang baru pertama kali menjadi assisten pelatih ini berujar, melihat aksi para pemain pelamar yang datang, jajaran pelatih telah mengantongi dua nama pemain yang menarik hati. Kedua nama yang dirahasiakan itu akan terus dipantau kemampuannya selama beberapa hari kedeapan.


Diketahui Ini merupakan pertandingan uji coba perdana PBFC selama menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Beberapa rangkaian ujicoba juga melawan tim lokal memang sengaja diselelipkan pada program TC.


Beberapa tim lokal telah didekati untuk diajak beruji tanding seperti Persija, Persita, Villa 2000, Persikabo Bogor dan Barito Putera. Ini bertujuan agar Egi Melgiansyah dkk mendapatkan chemistry sebelum terjun di ISL.


"Kemungkinan akan ada dua atau tiga kali ujicoba dengan tim yang ada di sekitaran Jakarta. Kebetulan banyak tim-tim ISL yang TC disini. Yang sudah pasti sih baru dua tim,” sahut Presiden Klub PBFC, Nabil Husein Said Amin,


Diterangkan Nabil, kedua tim yang sudah pasti tersebut adalah Villa 2000 dan Barito Putera. Laga melawan Villa 2000 akan digelar pada Rabu sore (13/1) di markas klub Divisi Utama itu didaerah Pamulang. Sedangkan laga ujicoba menghadapi Barito Putera belum lokasinya belum ditentukan.


“Rabu sore, jam 15.30 PBFC pasti lawan Villa 2000 di lapangan milik mereka di Pamulang, tapi kalau lawan Barito Putera lokasinya belum ditentukan, yang jelas mereka confirm ujicoba digelar 17 Januari,” kata dia. (endra)