Pusamania Borneo Football Club (PBFC) menjalani latihan di lapangan Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Selasa (13/1). Okto Maniani dan kawan-kawan diberi menu latihan fisik dan taktik dalam latihan tadi pagi.


Berbeda dari latihan-latihan sebelumnya, kali ini Pelatih PBFC Arcan Iurie membagi jumlah pemain menjadi dua kelompok. Tim A memulai latihan pada pukul 7.15 WIB, satu jam kemudian giliran tim B yang menggunakan lapangan untuk latihan.


Meski dibagi menjadi dua kelompok, namun kualitas keduanya sama-sama merata bahkan menu yang diberikan antara keduanya juga sama. Hanya saja pelatih sengaja membagi menjadi dua tim agar kualitas latihan berjalan maksimal.


"Jika terlalu banyak membuat program latihan yang diberikan tidak bisa berjalan maksimal sehingga harus dibagi menjadi dua kelompok," ujar assisten Pelatih PBFC, Marwal Iskandar.


Pantauan, tidak semua skuad berjuluk Pesut Etam mengikuti latihan pagi itu, seperti Srdjan Lopicic yang absen latihan. Informasinya pemain yang musim lalu membela Persela Lamongan itu terpaksa absen karena menjalani cek kesehatan di Jakarta.


Sedangkan dua punggawa lain, Egi Melgiansyah dan Febri Setiadi Hamzah yang masih dibekap cedera nampak latihan terpisah di pinggir lapangan dengan arahan Fisioterapis tim, Zulhamsyah Zein.


Tim A memulai latihan lebih dulu, kelompok yang berjumlah 11 pemain itu memulai latihan dengan jogging memutari lapangan sebanyak beberapa kali. Setelah pemanasan mereka langsung ditempa fisik melalui sprint melewati rintangan marking cones yang disiapkan pelatih.



Sekitar sengah jam kemudian menu latihan diribah, mereka menerima program taktikal. Bek PBFC diharuskan menghalau serangan lawan melalui umpan secara cepat. Sementara pemain tengah dan depan dituntut bergerak tanpa bola dan memainkan bola dua tiga kali sentuhan.


Setelah tim A selesai melakukan latihan selama satu jam, giliran tim B menerima program yang sama. Hanya saja saat itu mereka harus bekerja lebih keras karena hujan deras yang tiba-tiba turun mengguyur lapangan membuat lapangan becek. "Latihan kali ini taktik, pemain harus menguasai zona mereka masing-masing," kata Marwal, setelah latihan.


Ia menambahkan, jajaran pelatih ingin melihat kemampuan para pemain Pesut Etam dalam menahan gempuran lawan dan meningkatkan koordinasi dan insting penempatan posisi sesuai zona mereka masing-masing. (endra)