Pelatih Pusamania Borneo FC (PBFC) Arcan Iurie memberikan taktik cara penguasaan bola kepada skuad Pesut Etam, saat berlatih di lapangan Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Kamis (15/1) pagi. Mereka digenjot latihan ball position.


Pelatih asal Moldova itu mengatakan, materi yang diberikan tidak lepas dari evaluasinya selama ini, dimana Srdjan Lopicic cs kerap kehilangan bola saat bertanding. Contoh yang paling mencolok ketika melawan Villa 2000 dalam partai uji coba Rabu kemarin.


Meski menang telak 3-0, penampilan anak asuhnya dirasa masih mengecewakan. Selain sering kehilangan bola, komunikasi antarlini juga masih tidak berjalan. Kelemahan itu akan segera diperbaiki selama menjalani Pemusatan Latihan di Jakarta.


Tim memulai latihan pukul 08.00 WIB, molor satu jam dari biasanya. Mereka mengawali latihan dengan jogging memutari lapangan sebanyak beberapa kali di dampingi Asisten Pelatih, Fernando Soler. Setelah pemanasan para pemain langsung ditempa ball posisitioning melalui sprit melewati rintangan marking cones yang disiapkan pelatih.


Sekitar satu jam kemudian menu latihan dirubah, mereka menerima program taktikal penyelesaian akhir dengan rintangan enam bek. Para pemain belakang itu diharuskan menghalau serangan lawan.


Sedangkan pemain tengah dan depan yang berjumlah empat orang dituntut menjebol gawang yang dijaga kiper. Mereka bergerak memainkan bola dengan dua hingga tiga kali sentuhan, bertarung enam lawan empat di areal kotak pinalti.


Latihan kali ini diikuti sebanyak 21 pemain. Jumlah itu lebih ramping dari sebelumnya, pasca pencoretan empat nama pemain. Mereka yang didepak semuanya merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang, yaitu Mubarak, Michelle Nere, Steven, dan I Gangga Mudana.


Tiga punggawa Pesut Etam, yang masih dibekap cidera masing-masing gelandang Egi Melgiansyah, penyerang Febri Setiadi Hamzah, dan Hendra Susilo yang berposisi sebagai penjaga gawang terlihat tidak hadir di lapangan. Sementara itu, penyerang Diego Gama terlihat menjalani latihan sendiri di pinggir lapangan. Pemain yang pada laga uji coba melawan Villa 2000 menyumbang dua gol itu lebih banyak mengisi waktu berlatih dengan jogging memutari lapangan.


“Diego perlu berlatih terpisah, dia mengalami sedikit benturan kemarin saat ujicoba. Jadi kami sarankan dia tidak ikut dalam latihan tim dulu sembari kami tanggani,” beber fisioterapis PBFC, Zulhamsyah Zein. (endra/*)