Gelandang mungil, Basri Lohy resmi bergabung bersama Pusamania Borneo Football Club (PBFC). Proses penandatanganan kontrak berlangsung di penginapan Cempaka, Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta, pada Senin (19/1) malam.


Selain Basri Lohy, klub yang bermarkas di Stadion Segiri, Kota Samarinda itu juga resmi mendapatkan jasa dua pemain lainnya, yakni gelandang Ahmad Hisyam Tolle, dan penyerang Saktiawan Sinaga.


Basri Lohy akan mengenakan nomor punggung 86 di PBFC. Bergabungnya Basri Lohy secara resmi ke skuad berjuluk Pesut Etam ini nampaknya memperjelas status Basri Lohy yang dipermasalahkan manajemen Persiba Balikpapan.


Basri Lohi berujar, kedatangannya ke PBFC merupakan inisiatifnya sendiri karena pihak klub sebelumnya, Persiba selama satu bulan lamanya tidak segera memberikan kejelasan nasibnya, apakah di kontrak atau tidak.


Basri pun memasang terget mampu memberikan gelar juara kepada PBFC. "Semua pemain ingin juara, begitu juga dengan saya. Terpenting lakukan yang terbaik di PBFC,” sahutnya.


Sementara itu, Saktiawan Sinaga, yang digadang-gadang tetap bertahan di PSS Sleman nyatanya juga memilih tim asal Samarinda, PBFC. Alasannya karena ingin tampil di kompetisi yang lebih tinggi yakni Indonesia Super League (ISL).


Sakti, demikian dia akrab disapa menyatakan sudah lama tidak bermain di ISL. Terakhir pada saat ia berseragam Semen Padang. "Sudah dua tahun tidak main di ISL. Tak bisa dipungkiri hal itu yang membuat saya bergabung bersama PBFC. Alhamdulilah di sini kekeluargaan baik. Insyallah bisa lakukan terbaik untuk tim baru saya ini," ujarnya.


Sementara itu, sejarah baru terjadi di skuad Pesut Etam dengan bergabungnya Ahmad Hisyam Tolle. Pemain yang musim lalu tampil bersama Persebaya itu menggantikan nomor punggung yang sebelumnya di pakai Hamka Hamzah, yakni 23. Sedangkan Hamka Hamzah belum memutuskan nomor yang akan dia kenakan bersama PBFC.


Hamka Hamzah sengaja memberikan nomor keramatnya yang telah ia gunakan selama 14 tahun lamanya itu kepada Ahamd Hisyam Tolle karena dia yakin, pemain yang masih berusia 21 tahun itu bisa berbicara banyak di sepak bola Indonesia dan menjadi penerusnya kelak.


Sementara itu, Manajer PBFC, Dandri Dauri, menjelaskan diharapkan dengan bergabungnya pemain muda seperti Tolle dan pesepakbola senior Saktiawan Sinaga bisa memberikan keseimbangan bagi tim PBFC mengarungi ISL musim ini.


Presiden PBFC, Nabil Husien, berharap dengan bertambahnya tiga keluarga baru ini dapat semakin memperkuat penampilan PBFC menghadapi lawan-lawannya esok. Namun Nabil masih memburu satu lagi nama pemain untuk mengisi posisi bek kiri. "Penambahan satu orang posisi bek kiri. Tapi mohon maaf kami belum bisa sebutkan siapa," katanya. (endra/*)