Pusamania Borneo Football Club (PBFC) tak hanya mempersiapkan tim senior jelang Indonesia Super League (ISL) 2015, namun klub berjuluk Pesut Etam ini serius mengelola PBFC U-21 yang akan berkompetisi di ISL U-21 yang rencananya berlangsung Maret 2015 nanti.


Berbagai persiapan sudah digodok, mulai pembentukkan tim diawal dengan seleksi pemain dan penunjukkan pelatih. General Manager PBFC, Tommy Ermanto Pasemah menjelaskan komposisi tim junior Pesut Etam nantinya mayoritas dihuni pemain putra daerah.


Hal ini termasuk dalam komitmen PBFC untuk memberi ruang bagi pesepakbola berbakat kota tepian dan Kaltim pada umumnya agar bisa mengembangkan bakatnya. Selain U-21, PBFC juga akan mengembangkan jenjang usia dibawahnya hingga usia U-18. Namun U-18 hingga U-12 program pembinaannya masuk dalam akademi tim.


“Nanti sistemnya ada promosi dan degradasi dari junior ke senior, ini memang program jangka panjang, selain itu kami juga melibatkan peran orang tua masing-masing pemain yang lolos bergabung dengan tim junior PBFC, agar mereka bisa terpacu lagi memberikan penampilan terbaik dari bakat yang mereka miliki,” kata Tommy Ermanto Pasemah.


Dalam waktu yang tidak lama lagi, manajemen tim akan melakukan pertemuan dengan semua orang tua pemain yang waktu dan tempatnya akan diberitahu nanti. Menuru Tommy, ini penting dilakukan, karena perkembangan pemain muda yang berpotensi akan lebih luar biasa jika dengan dukungan orang tua pemain.


“Jika melihat progress dari sleeksi hingga hampir terbentuk jelang ISL U-21 ini, saya yakin PBFC U-21 memiliki kualitas, dan insyaallah jika dibina lebih serius lagi, Samarinda melalui PBFC junior bisa mengorbitkan pemain-pemain handalnya ke jenjang profesional,” pungkasnya. (kibo)