Selepas menekuk perlawanan PS Universitas Mulawarman (Unmul) Rabu malam kemarin, Pusamania Borneo FC (PBFC) dijadwalkan kembali menggelar ujicoba. Kali ini, lawan yang bakal dihadapi Saktiawan Sinaga dan kawan-kawan adalah juniornya, PBFC U-21, Sabtu malam (31/) ini di Stadion Segiri Samarinda.


Dikatakan Dandri Dauri, manager tim PBFC, ujicoba ini sebagai ajang penilaian bagi kedua tim, terutama perkembangan Pesut Etam Junior jelang berkompetisi di ISL U-21 bulan Maret mendatang.


"Kalau melihat perkembangan tim senior, tentu sudah saya ketahui langsung setiap harinya seperti apa. Nah, diujicoba nanti kami dari tim senior juga ingin melihat sejauh mana progress dari skuad PBFC U-21," ungkap mantan ketua POBSI Samarinda itu.


Dijelaskan Dandri, meski berbeda tim dan pengelolaan, namun PBFC senior dan junior tetap memiliki satu tatanan bagan yang seirama. "Program tim senior dan junior itu memiliki hirarki yang sama, makanya dengan ujicoba nanti akan diukur sejauh mana tim junior menyesuaikan hal tersebut," tuturnya.


"Ini penting dilakukan, karena jika pemain junior itu nantinya promosi ke senior, dia sudah bisa memahami karakter permainan tim, tanpa harus penyesuaian dan adaptasi lagi, itu yang kami terapkan di PBFC," tambah Dandri.


Selain itu, pengalaman bertemu pemain profesional seperti Srdjan Lopicic, Rachmat Latief dan Saktiawan Sinaga yang didapat skuad Pesut Etam Jr diharapkan bisa menambah jam terbang mereka.


"Kami senang dengan adanya ujicoba melawan tim senior. Saat ini pematangan tim terus dilakukan, komposisi juga sudah terbentuk. Kami berharap saat kompetisi dimulai nanti, tim sudah siap tempur 110 persen dari saat ini," ujar Suwandi, pelatih PBFC U-21. (Pace)