Sehari jelang bergulirnya kick-off Indonesia Super League 2015 bergulir, 4 April 2015, PT Liga Indonesia dan business partnernya, BV Sports, memperkenalkan Qatar National Bank (QNB) Group sebagai sponsor ekslusif mereka.


Terjalinnya kerjasama dengan salah satu perbankan terkuat dunia dan bank terdepan di kawasan Timur Tengah dan Afrika, membuat QNB mendapat hak eksklusif dengan status "Title Partner" atas Indonesia Super League (ISL) sampai akhir musim 2017. Alhasil, nama kompetisi terakbar di Indonesia itupun berubah menjadi QNB League. Presiden Direktur BVSports, Hari Widodo mengatakan ini adalah langkah bersejarah bagi masa depan sepakbola Indonesia.


"Dukungan dari QNB Group selama 3 musim ke depan akan membantu liga untuk berkembang dan tumbuh dengan pesat. QNB adalah Banking Brand kelas internasional dengan track record yang sudah terbukti dalam menunjukkan kepedulian mereka yang tinggi terhadap sepakbola dan bagi ISL untuk memiliki mereka sebagai sponsor Title Partner merupakan sebuah kehormatan," ungkap Hari Widodo.


Lebih lanjut, Hari Widodo berharap melalui kemitraan ini, baik QNB League akan menghasilkan keberadaan yang semakin kuat dan tahan lama di hati para fans sepakbola Indonesia. "Kami tidak sabar untuk memulai musim ini dengan harapan yang sangat besar dan bersama dengan QNB Group kami akan mengangkat liga ke tingkat yang lebih tinggi." Imbuhnya.


Menandai pentingnya sponsorship di Indonesia bagi QNB Group, General Manager, Group Communication, Yousef Darwish mengaku punya misi yang sejalan dengan perkembangan sepakbola Indonesia.


"Sebagai bagian dari harapan dan rencana perluasan pertumbuhan kami di Asia, kesempatan sponsorship yang penuh gengsi ini akan meningkatkan visibilitas dan profil dari merek QNB di pasar kunci internasional. Kami telah berada di Indonesia sejak tahun 2011 dan meningkatnya popularitas sepakbola di seluruh negeri akan menempatkan QNB League sebagai platform olahraga terbaik di Indonesia," kata Yousef.


Sementara itu, Pusamania Borneo FC (PBFC) melalui Presiden Klub, H. Nabil Husein Said Amin menyambut positif kerjasama ini. Meski demikian, dirinya berharap dengan adanya sponsor baru ini, permasalahan yang sempat dialami klub beberapa musim terakhir, terutama soal pencairan dana subsidi tak lagi terjadi.


"Tentu apapun itu demi kebaikkan sepak bola Indonesia kami dukung. Namun kami berharap segala kekurangan yang selama ini menjadi kendala tetap harus diperhatikan. Artinya ini sebagai bentuk kita, agar bisa membangun sepakbola tanah air ini ke arah lebih baik lagi," pungkasnya. (LI/AHS)