Perjuangan Pusamania Borneo FC (PBFC) untuk meraih hasil positif saat bertandang ke markas Persegres Gresik, Minggu (5/4) sore dalam laga perdana QNB League (Indonesia Super League) 2015 dipastikan terjal.


Bukan hanya soal calon lawan yang juga berambisi meraih poin penuh, namun kekhawatiran muncul karena skuad Pesut Etam tampil tak komplit. Setidaknya, dua nama pemain asing PBFC mengalami kendala.


Dari informasi yang didapat, jelang kick-off perdana (International Transfer Certificate) legiun asing Martin Kovachev tak kunjung keluar, alhasil pemain berpaspor Bulgaria itu dipastikan absen.


Mendapat kabar tersebut, Martin Kovachev terlihat sangat kecewa. Apalagi, dirinya sangat berharap bisa segera memulai debut perdananya bersama PBFC. "Dia sudah pakai hati sama tim ini, ketika tahu dia tidak bisa main, dia sedih sekali," ujar Abe Hedly Sundana, media officer PBFC.


Bahkan, dalam latihan ringan pagi tadi di sekitar Hotel Inna Simpang Surabaya, manager tim PBFC, Dandri Dauri terlihat memberikan penyemangat kepada Martin Kovachev. "Saya bicara sama dia, agar tetap semangat, saya lakukan pendekatan layaknya keluarga supaya dia tidak larut bersedih," urai Dandri.


Selain Martin Kovachev, PBFC juga kemungkinan tampil tanpa Srdjan Lopicic. Gelandang enerjik asal Montenegro itu masih dibekap cedera hamstring ringan. Meski tak terlalu parah, fisioterapis yang menangganinya, khawatir cedera pencetak gol ke gawang Juventus itu akan semakin parah jika dipaksakan.


"Tapi saya tetap mau main, saya harus bisa sembuh. Tiga bulan lebih saya mempersiapkan kompetisi, tapi di hari mau kick-off saya justru begini, saya benci sekali," tutur pemain yang memiliki jumlah assist terbanyak ISL 2014 itu.


Disisi lain, Pelatih kepala PBFC Arcan Iurie mengaku tak bisa berbuat banyak selain mencari peran pengganti. Absennya Martin Kovachev jelas menjadi kerugian yang amat besar. Terlebih, disaat bersamaan nama Rachmat Latief juga tak disertakan karena terserang penyakit DBD di Samarinda.


"Ya mau bagaimana lagi, semoga tetap ada hikmah dibalik ini semua. Saya masih percaya dengan pemain yang kami siapkan nanti, saya terus berdoa, semoga Allah ada punya cara lain agar kami tetap diberikan kemudahan dipertandingan nanti," kata pelatih berlisensi A UEFA Pro tersebut.


Laga Persegres Gresik melawan Pusamania Borneo FC ini sendiri dijadwalkan digelar di Stadion Tridarma Petrokimia, Gresik, mulai pukul 15.30 WIB (16.30 WITA) dan akan disiarkan langsung RCTI dari Gresik. ** (AHS)