Tak ingin anak asuhnya mengalami kejenuhan di saat menunggu penundaan kompetisi, pelatih Pusamania Borneo FC (PBFC), Arcan Iurie, menginginkan ada sejumlah laga uji coba yang dijalani oleh Okto Maniani dan kawan-kawan.


Laga uji coba ini dilakukan untuk mengusir kejenuhan para pemain yang setiap hari menjalani latihan secara terus menerus tanpa turun di pertandingan resmi. Yang paling memungkinkan menurut pelatih asal Moldova itu adalah melakukan game internal di antara pemain PBFC sendiri yang rencananya bakjal digelar Sabtu sore (18/4) di Stadion Segiri Samarinda.


Game internal ini sekaligus untuk melakukan evaluasi dan seleksi, pemain-pemain mana saja yang akan dibawa dalam tur tandang selanjutnya yang akan dilakukan oleh PBFC. "Jadi kita evaluasi didalam tim saja dulu bisa ambil keputusan siapa yang nanti ikut saat tim bertanding di luar," katanya.


Sebelum memutuskan melakukan game internal, pelatih Pusamania Borneo FC (PBFC), Arcan Iurie, berencana untuk melakukan uji coba dengan tim luar, namun skuat Pesut Etam saat ini dianggapnya perlu mencari tim yang levelnya setara untuk menjaga semangat bertanding setelah selama 9 hari tak menjalani pertandingan.


Dari hasil komunikasi bersama jajaran pelatih dan manajemen, akhirnya diputuskan untuk menggelar game secara internal terlebih dahulu sehingga pemain juga punya motivasi untuk berkompetisi menunjukan siapa yang terbaik.


Keputusan untuk melakukan game internal ini juga diambil karena di tengah ketidakpastian jadwal kompetisi ISL, pihaknya tak mungkin melakukan uji coba dengan sesama tim ISL, misalnya Mitra Kukar atau Persiba Balikpapan. Pasalnya ia khawatir ketika rencana uji coba sudah dimatangkan, belakangan keluar keputusan jika PBFC harus kembali bertanding di ISL dan hal itu tentu saja akan mengganggu kesiapan tim. (teka)