Meski sudah bergabung dalam latihan resmi yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, namun kapten Pusamania Borneo FC (PBFC), Hamka Hamzah masih perlu sedikit sentuhan lagi agar ia bisa merumput dalam laga resmi yang dijalani Pesut Etam.


Pemain yang sempat memperkuat klub PKNS Malaysia itu diwajibkan untuk mengurangi berat badannya agar kembali dalam komposisi ideal sebelum bisa diturunkan dalam lanjutan ISL 2015.


Fisioterapis PBFC Muhammad Zikra mengatakan, secara umum kondisi lutut dari Hamka Hamzah yang sempat mengalami cedera kini sudah tak ada masalah lagi. "Dia sudah siap, tapi belum seratus persen, target kami bulan depan dia sudah semuh total," urainya.


Pernyataan Zack, diperkuat dengan hasil pemeriksaan Hamka yang sudah dinyatakan sembuh usai menjalani operasi dan terapi penyembuhan di Jakarta sejak berapa waktu lalu. Namun Hamka masih butuh melakukan sejumlah latihan untuk menurunkan berat badannya agar ia kembali bugar seperti sebelumnya


Ada beberapa metode yang diterapkan oleh pelatih dan tim medis Pusamania Borneo FC (PBFC) sehingga Hamka Hamzah bisa dengan cepat melakukan penurunan berat badan. Diantaranya dengan program kardio, seperti memintanya untuk menjalani sejumlah latihan yang cukup menguras fisik, misalnya melakukan sprint, bersepeda atau melakukan aerobik di gym. "Ada bermacam cara contohnya Kardio itu meliputi sprint, sepeda, dan aerobik," katanya.


Di luar dari itu, Hamka juga diharuskan menjalani diet secara ketat misalnya dengan mengurangi porsi makan malam serta lebih banyak makan buah setelah lewat pukul 18.00 Wita. (teka)