Gagal berlaga di turnamen pra-musim bertajuk Indonesia Champions Cup 2015 akibat susahnya mendapat perijinan, membuat sejumlah klub mencari alternatif pengganti. Salahsatunya, yang dilakukan Pusamania Borneo FC (PBFC).


Kampiun Divisi Utama 2014 itu berinisiatif mendatangkan sejumlah klub ke Samarinda, dua klub yang terpilih adalah Bali United dan Barito Putera Banjarmasin. Sempat berencana menggelar turnamen mini mempertemukan ketiga tim dalam format trofeo, namun akhirnya rencana itu urung terlaksana, pasalnya Barito Putera terhalang kendala yang mengharuskan mereka baru tiba di Samarinda pada 30 Mei.


"Persiapan sudah dilakukan, perijinan sudah diproses, Bali United juga sudah confirm datang Senin, mereka bawa kekuatan penuh. Ujicoba ini sekaligus untuk melepas dahaga pendukung kami yang ingin pertandingan berkualitas," tutur H. Nabil Husein Said Amin, Presiden Klub PBFC.


Laga PBFC vs Bali United ini sendiri akan digelar di Stadion Segiri Samarinda, Rabu malam (27/5). Disisi lain, PT Nahusam Pratama Indonesia selaku badan hukum PBFC menjelaskan sudah sangat siap menjamu kedatangan Bali United.


Soal perijinan untuk laga pada Rabu malam tersebut Direktur Bisnis, Promosi dan Marketing PBFC, Novi Umar, mengaku sudah diproses. "Panpel sudah terbentuk, kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk didalamnya surat menyurat kepada pihak keamanan. Dan perlu diketahui, meski hanya laga persahabatan, namun kami tetap menerapkan standard operating procedure kompetisi. Insyaallah semua berjalan dengan baik, dan tidak ada kendala," paparnya.


Disinggung mengenai siaran langsung pada pertandingan tersebut, Novi Umar menambahkan pihaknya masih mengupayakan hal tersebut. Beberapa stasiun TV swasta nasional dan lokal saat ini tengah dijajaki untuk bekerjasama. "Masih dibicarakan, mengingat laga ini tak hanya sekedar laga ujicoba, rasanya sayang untuk dilewatkan," pungkas Novi. (AHS)