Bermain dibawah puluhan ribu penonton yang memadati Stadion Segiri Samarinda, Minggu (20/9) malam, Pusamania Borneo FC (PBFC) berhasil kalahkan Persib Bandung dengan skor 3-2.


Sejak menit pertama, kedua tim bermain sangat terbuka. Banyak peluang yang tercipta baik melalui skema open play maupun bola mati. Persib berhasil unggul terlebih dulu melalui kaki Ilja Spasojevic yang memanfaatkan kelemahan barisan pertahanan PBFC dalam menutup ruang tembak.


Keunggulan tim tamu langsung direspon dengan cepat oleh anak asuh Iwan Setiawan. Tendangan spekulasi dari pemain muda Arpani pada menit le-11 membuat I Made memungut bola pertama selama gelaran di Piala Presiden. Gol yang bersarang kegawang Persib ini menjadikan rekor clean sheet Persib selama berkiprah di Piala Presiden ternodai.


Memasuki babak kedua, perubahan dilakukan oleh Iwan Setiawan. Menarik keluar Jajang Mulyana dan digantikan oleh Ferinando Pahabol membuat serangan PBFC semakin gencar. Kombinasi yang dilalukan tiga pemain asal Papua yaitu Terens Puhiri, Boas Solossa dan Ferinado Pahabol membuat barisan pertahanan Persib yang digalang Vujovic dan Ahmad Jufrianto kocar kacir. Alhasil tendangan keras Boas Solossa dari luar kotak pinalti berhasil memperdayai I Made.


Papan skor Stadion Segiri pun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah. Gol ini menjadikan gol perdana Boas sejak berganti kostum dari Persipura.


Arpani yang bermain sangat gemilang pada pertandingan ini, kembali menunjukan kualitasnya dengan menyumbangkan assist kepada Boas Solossa. Berawal dari kombinasi Arpani kepada Pahabol, pemain yang menggunakan nomor punggung 69 berhasil memperdayai I Made untuk kedua kalinya. Gol ini menasbihkan Boas Solossa sebagai striker yang tajam di Indonesia.


Sayangnya, keunggulan 3-1 ini tidak bisa dipertahankan oleh PBFC. Berawal dari skema set piece, pada menit ke-82, Vladimir Vujovic yang berdiri ditiang jauh berhasil menyontek si kulit bundar kegawang Galih Sudaryono. Skor pun berubah 3-2 sampai peluit panjang wasit dibunyikan.


Kedua tim, akan kembali bertarung pada leg ke-2 di Bandung, 26 September mendatang. Laga ini semakin menarik, pasalnya satu tempat pada babak semifinal akan ditentukan pada laga ini. (**)