Federasi Internasional Asosiasi Pesepak Bola Profesional (FIFpro) sejak 2005 telah menyelenggarakan FIFA FIFPro World XI. Setiap tahun sebelas pemain dari skuad elit ini akan menerima penghargaan.


Dalam prosesnya, semua pemain sepak bola profesional di dunia diundang untuk menyusun tim terbaik. Salahsatunya, pemain dari kampiun Divisi Utama 2015, Pusamania Borneo FC (PBFC).


Bertempat di Hotel Sunan Raja, Jumat (25/9) sore, beberapa pemain PBFC terlibat proses voting. Mereka diantaranya. Galih Sudaryono, M Juni Irawan, Usep Munandar, Rachmat Latief, Djayusman Triasdi, Viktor Pae, Arpani, Ghazali Hamzah, Fandi Ahmad, Briyan Muharram Setiawan, Hermansyah Muclish, Febri Setiadi Hamzah dan Ponaryo Astaman.


Pemain PBFC yang juga merupakan Presiden Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman menerangkan kegiatan ini merupakan agenda tahunan FIFPro yang melibatkan 55 asosiasi pemain nasional di seluruh negara dengan jumlah 65.000 pemain sepak bola profesional.


"Untuk di Indonesia, hampir seluruh pemain pro kami koordinir untuk ikut vote. Diantaranya pemain-pemain di Pusamania Borneo FC ini. Setelah proses voting selesai, bulan Desember 2015 mendatang hasilkan akan diumumkan," sahut Ponaryo.


Pada FIFA FIFPro World XI Award 2014 lalu, nama Manuel Neuer, Philipp Lahm, David Luiz, Sergio Ramos, Thiago SIlva, Andres Iniesta, Toni Kroos, Ange Di Maria, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Arjen Robben terpilih sebagai pemain terpopuler di kalangan pemain sepak bola profesional dunia. (AHS)