Klub sepak bola Pusamania Borneo FC (PBFC) akan melebarkan sayapnya dalam pengelolaan klub profesional di Indonesia. Kepastian ini menyusul dengan rencana dibentukkanya klub futsal yang dipersiapkan berlaga pada kompetisi Indonesia Futsal League (IFL) 2016 mendatang.


Hal itu diungkapkan langsung komisaris PT Nahusam Pratama Indonesia, Nabil Husein Said Amin. Menurutnya, geliat futsal di Samarinda saat ini sayang jika tak disalurkan kearah yang lebih profesional.


Terlebih, potensi pemain berbakat di Samarinda, khususnya Kaltim sangat menjanjikan. "Untuk itu saya berencana membuat klub futsal yang nantinya akan berlaga secara rutin di pentas nasional, saat ini segala persiapan tengah disusun," ujarnya.


Ditambahkan Nabil, untuk berlaga di kompetisi futsal nasional, seperti IFL, setidaknya klub harus memiliki badan hukum berupa perseroan terbatas. Selain itu, klub calon peserta IFL harus memiliki homeground atau paling tidak tempat berlatih respentatif.


"Jika melihat persyaratannya, saya rasa tidak masalah. Saat ini fokus kami justru lebih condong kepada program jangka panjang jika klub futsal ini benar-benar lahir. Saya minta doa dan dukungannya, semoga semua lancar," terangnya.


Jika Pusamania Borneo FC resmi berkompetisi di Indonesia Futsal League musim depan, skuad berjuluk Pesut Etam itu akan menjadi klub sepak bola ketiga di Indonesia yang juga memiliki klub futsal. Sebelumnya, sudah ada Sriwijaya Futsal Club dan Persija Futsal Jakarta. (AHS)