Ditengah ketidakjelasan kompetisi di level senior, keinginan Pusamania Borneo FC (PBFC) mengembangkan bibit potensial di Kota Tepian tampaknya tak pernah berhenti.


Setelah sebelumnya, ingin melebarkan sayap dengan terjun ke dunia futsal, klub berjuluk Pesut Etam itu juga rupanya fokus memperkuat pembinaan di level usia dini.


Hal itu diungkapkan langsung Komisaris PT Nahusam Pratama Indonesia Nabil Husein Said Amin. "Tidak ada alasan untuk menghentikan pembinaan dilevel junior, PBFC tetap komitmen membina dan mencari bibit potensial dari Kota Tepian dan Kaltim pada umumnya," kata Nabil.


Dijelaskan Nabil, saat ini dirinya berusaha memperkuat pembinaan dilevel junior. Karena menurutnya, jika program ini berjalan dengan baik, tim senior PBFC kedepannya tak lagi bersusah payah mencari pemain handal untuk memperkuat tim utama di kompetisi ISL. "Karena komitmen awal saya mendirikan klub inikan untuk mengakomodir pesepakbola lokal," terangnya lagi.


Seperti diketahui, saat ini PBFC memiliki wadah pembinaan khusus, yakni Nahusam Academy. di akademi sepak bola PBFC ini, terdapat tim dengan jenjang usia dari U-12, U-14, U-18 dan U-21. "Bahkan, PBFC U-18 kita baru juara bulan lalu di turnamen antar sekolah sepak bola di Samarinda," papar Nabil.


Terbaru, PBFC saat ini menyiapkan tim U-12 yang bakal dimanajeri Abe Hedly Sundana, mantan asisten manajer PBFC saat Divisi Utama 2014 silam. "Tim ini nantinya akan berlaga di kompetisi atau turnamen junior nasional, saya juga sudah targetkan harus ada prestasi meski levelnya junior, karena tujuan pembinaan harus dilecut dengan prestasi," pungkas Nabil. (Bri)