Rencana Gubernur Kaltim menggelar Piala Gubernur awal tahun depan disambut hangat klub sepak bola Kota Tepian, Pusamania Borneo FC (PBFC).


Jawara Divisi Utama itu mengaku mendukung jika pelaksanaan turnamen untuk memeriahkan HUT Kaltim ke-59 itu digelar. "Itu sangat bagus, semoga pelaksanaan nanti berjalan lancar," sahut Nabil Husein Said Amin, Komisaris PT Nahusam Pratama Indonesia, selaku badan hukum PBFC.


Diungkapkannya, pihaknya dipastikan akan ikut serta untuk meramaikan. Meski demikian, dirinya berharap pelaksanaan Piala Gubernur Kaltim tak bentrok dengan turnamen nasional yang digadang bakal digelar November hingga Januari mendatang.


"Kalau memang waktunya cocok, kami pasti ikut serta. Saya bakal mendukung semua bentuk semangat seperti ini demi kemajuan sepak bola di Kaltim," terang pengusaha muda itu.


Seperti diketahui, Piala Gubernur Kaltim akan diikuti 12 klub yang berasal dari klub Indonesia Super League (ISL), diantaranya Pusamania Borneo FC (PBFC), Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Bali United, Arema Malang, Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC dan PSM Makassar. Selain itu, juga ada tim sepak bola PON Kaltim yang turut serta.


Stadion Aji Imbut Tenggarong, Stadion Segiri Samarinda dan Stadion Utama Kaltim, Palaran bakal menjadi venue penyelenggara. Total hadiah yang bakal disediakan di turnamen ini disebut-sebut setara dengan gelontoran hadiah Piala Presiden, belum lama ini.


Hal itu diutarakan langsung Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak belum lama ini. "Minimal sama dengan hadiah Piala Presiden, tanpa APBD, Kaltim ini banyak perusahaan baik dari pertambangan batu bara, migas maupun perusahaan perkebunan yang diharapkan partisipasinya," papar Awang. (AHS)