Banyak pelajaran didapat Borneo FC usai mengikuti gelaran Piala Menpora beberapa waktu lalu. Beberapa kelemahan mampu dijadikan pelatih kepala Mario Gomez, sebagai bahan evaluasi menuju Liga 1 mendatang. Dan dari hasil di turnaamen pra musim itu, Gomez bisa meramu taktik dan strategi apa yang akan diberikan kepada pemain nanti.

Saat latihan selama puasa, Gomez sementara ini lebih banyak memberikan program pengembalian kondisi fisik pemain. Hal tersebut seperti disampaikan asisten pelatih Ahmad Amiruddin. Pelatih yang biasa disapa Amir ini menegaskan, program awal latihan di Ramadan kali ini adalah mengembalikan kondisi pemain.

“Sejauh ini latihan kami fokuskan kepada pengembalian kondisi pemain, baik dengan bola atau tanpa bola. Sembari pelatih Gomez mamasukan taktik di sela-sela pengembalian kondisi itu," ujar Amir.

Ia mengakui kondisi pemain tak bisa dipaksakan latihan keras karena tengah menjalankan ibadah puasa. Tapi sejauh ini Amir melihat tak ada kendala pada pemain latihan di tengah puasa. Hanya Amer Bekic yang masih menjalani latihan terpisah, karena masih mengalami cedera.

"Hanya Amer yang menepi di lapangan dengan physio, selebihnya semua mengikuti latihan," ujarnya lagi.

Saat disinggung apakah tim pelatih punya agenda uji coba dalam waktu dekat, Amir mengatakan belum bisa memastikan hal tersebut. Namun ia memastikan tak menutup kemungkinan untuk menggelar latihan bersama dengan tim lain.

"Kalau masalah uji coba di bulan Ramadan akan kami lihat kondisinya seperti apa nanti. Seandainya pun tidak ada, kami akan perbanyak game internal untuk evaluasi seberapa paham pemain dengan menu latihan yang sudah kami berikan," bebernya. (SU)