Tersisa Dua Laga Coach Amir Yakin Lerby Pecahkan Rekor (Lagi)

Mengoleksi 14 gol saat ini, Lerby Eliandry hanya perlu dua gol lagi melampaui rekor Fernando Soler sebagai pencetak gol terbanyak selama semusim. Kans tersebut terbuka lebar mengingat Pesut Etam menyisakan dua laga lagi.


Menjamu Persib Bandung sore ini di Stadion Mulawarman, kans Lerby menambah perbendaharaan golnya terbuka lebar. Apalagi kondisi tengah fit dan siap tampil sejak menit awal.


Menukil rekor yang bisa dipecahkannya, Lerby enggan bersikap egois. Menurutnya, kemenangan jauh lebih penting dari pada mencetak gol semata.


"Percuma kalau bisa cetak gol banyak tapi tim lawan juga bisa bobol gawang kami. Semua harus bersinergi dengan baik untuk kasih kemenangan tim," ujar Lerby.


Sejak berseragam Pesut Etam musim lalu, Lerby selalu memprioritaskan kepentingan tim. Urusan mencetak gol atau persaingan top skor hanyalah bonus sebagai striker.


"Sebagai pemain depan, kewajiban saya memang mencetak gol. Tapi kalau ambisi mengejar top skor tidak pernah terpikirkan. Saya hanya ingin kasih yang terbaik untuk klub kelahiran (Borneo FC Samarinda)," jelasnya.


Catatan Lerby sejauh ini sudah memiliki rekor apik untuk tim. Dia berhasil menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Borneo FC Samarinda dengan 21 gol. Disusul Febri Setiadi (18), Terens Puhiri dan Soler yang masing-masing mengoleksi 15 gol.


Tampil moncer bersama Pesut Etam, Lerby pun mulai dipercaya berseragam Timnas Indonesia. Kemampuannya memanfaatkan setiap peluang menjadi membuat pelatih Luis Milla kepincut.
"Semua ini bonus dari kerja keras dan selalu kasih yang terbaik saat tampil," imbuhnya.


Peforma apik Lerby dijelaskannya tak lepas dari peran keluarga. Motivasi besar selalu diberikan orangtua dan istri tercintanya. Selain itu, saat bertanding di kandang ada ribuan suporter yang memantik semangat bertanding.


Terpisah, asisten pelatih Borneo FC Ahmad Amiruddin memuji kualitas yang dimiliki Lerby. Menurutnya, jarang ada striker Indonesia yang berposisi sebagai penyerang murni.


"Lerby sangat cocok bermain dengan formasi 4-2-3-1. Tapi sebagai pemain juga profesional yang bisa bermain di posisi mana pun," jelas Amir, sapaannya.


Dari pantauan Amir, Lerby selalu bagus saat latihan. Tipe pemain yang tidak banyak bicara tapi garang di lapangan.


Performanya tersebut sudah cukup terbukti musim ini. Bahkan di awal hingga pertengahan musim sempat meramaikan deretan top skor di liga. "Kalau striker lokal, Lerby salah satu yang terbaik. Usianya masih muda dan berpotensi berkembang," pungkasnya.